Jumat, 17 Mei 2013

Elemen Penting dan Gerakan-Gerakan Dasar "balet"

Hy guys, bagian ini kita akan berbicara mengenai elemen-elemen dan gerakan dasar pada tari balet. silahkan di baca ya...

Elemen-elemen Tari Ballet

  •   Unsur pertama adalah Shape.Tubuh digunakan dalam koreografi untuk membuat bentuk.penari bisa simetris, asimetris, melengkung, memutar, sudut, dll.koreografer harus memperhatikan detail dari bentuk tubuh .koreografer juga harus menyadari bentuk kelompok yang terjadi di panggung.Ini adalah wasit sebagai formasi.

  • Unsur kedua adalah ruang.Yang merupakan bagian tubuh yang dapat digunakan untuk membuat bentuk berbagai tingkatan, biasanya dibagi menjadi rendah, sedang, dan tinggi.Tingkat relatif, melalui media biasanya mengacu pada ketinggian tubuh seperti yang kita berjalan normal.Tubuh juga bisa bergerak melalui ruang, menciptakan arah, jalan, dan pola lantai.Semua aspek ini melibatkan dimensi ruang: gerakan mungkin terjadi pada baris, di sepanjang bidang datar, atau kurva melalui ruang.
  • Unsur ketiga adalah Time.Semua gerakan terjadi di waktu, dan memiliki durasi.Pengulangan gerakan dapat membuat irama.Pengulangan yang paling penting yang mendasari irama. Kecepatan harus sesuai  tempo.
  •   Unsur keempat adalah Energi.Energi mengacu pada kualitas dengan yang dilakukan gerakan - bagaimana gerakan.Energi dapat dilihat dalam berbagai cara: emosional,, berotot dan ionisasi.Contoh kata-kata yang sering digunakan untuk menggambarkan kualitas gerak termasuk sayap, menangguhkan, perkusi, berkelanjutan, runtuh, memperpanjang, kontrak, dan rebound.
  •   Unsur kelima adalah Improvisation.Dalam improvisasi tari, penari dihadapkan dengan jumlah pilihan hampir tak terbatas. Improvisasi berarti pilihan.Penari menari dengan sepotong tarian tetap, namun ia berimprovisasi gerakannya. Improvisasi yang paling ideal adalah tubuh menari yang hadir dalam ruang dan waktu.
  •   Unsur akhirnya keenam dan merupakan Prinsip Dance.Ini adalah pengulangan, variasi, transisi dan urutan adalah empat prinsip tari.Pengulangan adalah langkah berulang, pola, atau tema.Varietas adalah apa koreografer menempatkan di antara pengulangan.Hal ini juga membuat menarik bagi penonton untuk menonton.Transisi adalah apa yang menghubungkan berbagai gerakan dan merupakan bagian yang paling penting dari tari karena akan membuatnya terlihat bersih dan dapat menciptakan klimaks tarian.
 
Gerakan gerakan dasar ballet:
  1. Allgro (a-lay-GROH)
  2. Arabesque (a-ra-BESK)
  3. Assembl (a-sahn-BLAY)
  4. Balanc (ba-lahn-SAY)
  5. Chass (sha-SAY)
  6. Couru (koo-REW)
  7. Demi-pli (duh-MEE-plee-AY)
  8. Demi-pointes, sur les (sewr lay duh-mee-PWENT)
  9. Derrire
  10. Dvelopp (day-law-PAY)
  11. chapp (ay-sha-PAY)
  12. Fondu, fondue (fawn-DEW)
  13. Fouett (fweh-TAY)
  14. Frapp
  15. Glissade (glee-SAD)
  16. Jet, petit (puh-TEE zhuh-TAY)
  17. Pas de bourre (pah duh boo-RAY)
  18. Petit, petite (puh-TEE, puh-TEET)
  19. Pirouette (peer-WET)
  20. Pli (plee-AY)
  21. Port de bras (pawr duh brah)
  22. Relev (ruhl-VAY)
  23. Retir (ruh-tee-RAY)
  24. Rise
  25. Saut, saute (soh-TAY)
  26. soubresaut
  27. Turn-out
  28. Working leg
Penting di ketahui dalam ballet
Perintis ballet terkenal Indonesia salah satunya adalah Farida Oetoyo, Farida Oetoyo adalah guru dari pengajar ballet sekolah tari
Genecela Dance Centre yaitu Yasinta R.S. Gaerlan dan Liza M. Sidharta.
Ballerina terkenal Indonesia salah satunya adalah Adella dan Aletta

 

1 komentar:

  1. Salam kenal...
    Thanks buat info menariknya.. Kalau boleh tau nih,,, apakah ada pemanasan khusus sebelum melakukan gerakan ballet di atas? dan adakah baju senam khusus yang harus digunakan?
    Thanks & sukses selalu... :)

    BalasHapus