Minggu, 19 Mei 2013

Dari rambut sampai kaki penari balet


Awalnya nih saya sendiri bingung saat melihat para penari tampil, tapi setelah saya pelajari lebih dalam ternyata bukan hanya gerakannya yang bercerita, salah satu keunikan dari tarian ini juga dari penampilan penarinya, dari ujung rambut hingga ujung kaki. kita kupas sama-sama yok...
  • Leotard
 
Leotard didesain agar dapat bergerak lebih bebas, Leotard harus pas di badan agar postur dan kesalahan gerakan dapat terlihat oleh guru ballet. Saat pementasan Leotard akan membantu mempertegas pembentukan lekukan badan penari.
  • Skirt
 
Skirt biasanya dipakai oleh kelas ballet pemula , di gunakan sebagai media belajar untuk membantu pembentukan posisi tangan dan lengan dalam ballet.
  • Stocking
 
Stocking berfungsi untuk menopang bagian tubuh khususnya pinggang kebawah yang kurang kencang. Biasanya murid yang baru belajar ballet di wajibkan mengenakan kaos kaki agar gerakan kaki lebih terlihat.
  • Sepatu ballet

 
Sepatu ballet harus benar-benar pas dikaki, tidak boleh kesempitan atau kebesaran karena akan mempersulit gerakan, ada dua jenis sepatu ballet, yaitu :
soft shoes : di gunakan oleh semua siswa pemula ballet baik wanita atau laki-laki, sedangkan penari ballet laki-laki akan terus memakai soft shoes sepanjang karirnya
point shoes : di gunakan oleh penari ballet wanita, untuk menggunakan pointe shoes ballerina harus mengambil kelas khusus belajar pointe shoes, karena kaki mereka harus cukup kuat.
  • Rambut
Rambut harus diikat rapi, tidak menutupi wajah agar tidak mengganggu selama belajar, dan pada saat pentas penonton bisa melihat jelas mimik muka ballerina.
  • Aksesoris
Pada saat berlatih ballet disarankan untuk tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan, selain mengganggu juga bisa mengakibatkan cedera.

semoga bermanfaat...


8 komentar:

  1. Wah kayaknya accessoriesnya ribet banget ya...tp postingannya mantap bnget...jadi tahu sekarang...
    Salam kenal ya...
    saya tunggu kunjungan baliknya...

    BalasHapus
  2. Iyah, begitulah kira2 perlengkapan seorang penai. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Biasanya cerita yang paling sering di pake buat pentas balet selain swan lake sama nutcracker apa? Trims

    BalasHapus
  4. Biasanya cerita yang paling sering di pake buat pentas balet selain swan lake sama nutcracker apa? Trims

    BalasHapus
  5. Maaf ya mbak fanny lama balasnya.

    Coba Gisel atau romeo n juliet. jalan ceritanya juga menarik.

    BalasHapus
  6. Hai,kak, mau tanya nih kalau musik pengiring untuk tari balet itu contohnya apa saja ya?
    terimakasih sebelumnya:)

    BalasHapus
  7. Hai Rosi. maaaf baru balas ya.

    biasanya sih musik klasik dan ada beberapa tarian yg memang udah ada musiknya misalnya swan like. tapi tergantung kreatifitas penari dan koreografernya, kadang musik jazz atau pop juga bisa kok, tapi jadi modern ballet gitu deh. :)
    selamat menari ya.

    BalasHapus
  8. Kak yg jual sepatu ballet sof shoes dimana ya? Ada rekomendasi di olshop g?
    Terimakasih

    BalasHapus